Mengunjungi National Palace Museum of Korea

September 15, 2016 Intan Sri Setyowati 0 Comments


Sebenernya saya pas kesini 'agak' tidak direncanakan. Awalnya saya mau ke Gyeongbokgung Palace, tapi kebetulan tutup. Dan karena pintu keluar dari Subwa-nya pas banget di National Palace Museum of Korea, jadi daripada destination-less akhirnya saya coba masuk ke museum ini. Terlebih biaya masuknya gratis hehe.

Tampak luar National Palace Museum of Korea

Letak museum ini tepatnya berada di balik sebelah kiri Gwanghamun gate dan juga masuk ke dalam komplek Gyengbokgung Palace. Jadi museum ini bisa menjadi tambahan destinasi kita kalo lagi berada di sekitaran Gwanghwamun.

Di museum ini kita bisa ngeliat banyak koleksi-koleksi seni dari Dinasti Joseon yang umurnya udah lebih dari 500 tahun. Museum ini sebenernya ga terlalu besar, tetapi ada 3 lantai (B1, 1F dan 2F). Di lantai B1 kita merupakan tempat koleksi “Royal Court Painting”, yang isinya ada lukisan-lukisan dari zaman Dinasti Joseon. 
Lukisan tentang Istana Gyeongbokgung pada zaman dahulu
Salahh satu lukisan yang di pajang di museum
Lalu di lantai 1F akan ada semacam galeri yang menceritakan tentang raja-raja di Joseon. Yang keren banget, ternyata juga ada mobil yang pernah di pake sama Kaisar Sunjong (anak dari Raja terakhir Joseon, Gojong) yang diproduksi oleh General Motors, perusahaan dari US.

Mobil di awal 1900-an nih. Keren abis!
Selanjutnya untuk di lantai 2F, terdapat benda-benda yang merupakan “household goods” milik kerajaan kayak baju Raja dan Ratu, aksesoris kerajaan, stempel kerajaan dan lain-lain.

Salah satu baju milik Raja
Stempel resmi kerajaan pada zaman dulu
Stempel yang dibuat dari logam
Koleksi aksesoris yang dipakai Ratu

Jadi secara keselurahan, museum ini menyediakan layanan edukasi tentang sejarah pada masa Dinasti Joseon (kalau mau tau tentang sejarah Korea, bisa ke National Museum of Korean Temporary History). Disini juga free guided tour yang bakal ngajak kita keliling museum selama 1 jam. Untuk bahasa Inggris, cuma dilakukan 2 kali sehari pada jam 11:00 dan 14:30 (kalau ga berubah). Kalau kita lapar, gausah khawatir. Karena di lanti 1F terdapat café indoor dan terrace. Di lantai ini juga ada toko merchandise-nya buat sekalian mau cari barang-barang unik.

Dompetnya lucu juga nih
Modern Hanbok for kids
Menurut saya buat temen-temen yang suka sejarah, boleh banget buat dateng ke museum ini. Karena museumnya menururt saya cukup menarik. Tapi buat yang ga terlalu suka sejarah juga ga ada salahnya buat kesini, apalagi gratis hehe.

 
Cara menuju ke National Palace Museum of Korea :
12 Hyoja-ro, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan
Subway line 3 – Stop Gyeongbokgung Station – Exit gate 5

Lihat ke pointer merah ya

Jam Operasional
Weekdays                  09:00 – 18:30
Weekend and Holiday 09:00 – 19:00
Last admission 1 jam sebelum tutup

Biaya Masuk
Free

Website
disini 

You Might Also Like

0 komentar: